Ini Nggak Penting.

Hallo, aduhh freak banget yah kalo gw nyapa kalian dengan kata hallo haha, kali ini gw hanya mau menulis tentang diri gw sendiri, tentang ketidak puasan yang selalu menghantui hidup gw, iyah kalo di cerpen sebelumnya gw selalu ehh nggak selalu sih tapi cukup sering pake bahasa formal atau "saya" sebagai sebutan kata aku, tapi nggak dengan kali ini, disini gw mau nunjukin ke kalian yang mungkin nggak akan baca ini karna ya sesuai judul ini emang nggak penting karna ini tentang gw, sebenarnya bakalan ada banyak kalimat sih yang akan tertulis disini, ya karna balik lagi soalnya ini tentang gw jadi akan banyak sekali cerita dibalik semua tulisan gw, tulisan yang bahkan kalian anggap itu nyata, padahal mah sebenarnya enggak guys. 


Gw awal nulis itu sebenarnya dari kelas 7 smp di tahun 2016 atau 2017-an lah gw lupa, pokoknya diantara tahun itu, nah semua tulisan gw dulu tuh harusnya masih ada cuman ya seperti kalian tau lah kalo gw anaknya cukup masuk dalam kriteria manusia terceroboh di dunia wkwk, maka dari itu semua tulisannya hilang, sedih banget karna ya mau nyari lagi juga nyari dimana, udah nggak akan pernah bisa balik lagi, dulu gw nulisnya di buku diary gitu, buku yang setiap gw sekolah selalu gw bawa dan nggak ada satupun temen gw yang tau kalo gw selalu bawa buku itu kemana-mana, kocak sih kalo di inget-inget, pas waktu disekolah ada pemeriksaan atau sidak hp dan segala macam rupa apalah itu namanya entah gw lupa, gw kan dulu anak osis anak yang culun tapi rapi kok wkwk gw ga sebandel kalian yah sorry, terus kan gw bawa buku diary nih nah buku diary gw tuh kecil terus kek ada kuncinya gitu kayak celengan ngerti ga sih, itutuh gw dapet dari kado ulangtahun gw, kalo gasalah dikasih sama temen sd gw namanya Urifa deh, kalo ga salah yah, soalnya gw juga udah lupa, kek buku itu tuh bakal bisa di buka kalo ada kuncinya, sedangkan kuncinya saat itu selalu ada di tempat raincoat bag gw gitu, yang adalah pokoknya kalo di bawah tas terus ada resleting buat tempat naro jas hujannya tas, nah disitu, gw selalu narok kuncinya disitu nggak gede sih kuncinya, kecil parah, terus gw kasih gantungan kunci biar ga gampang keselip, nah setelah itu kan gw tau ada pemeriksaan, nah gw panik dong karna gw tau meskipun gw osis temen-temen gw ga akan biarin gw untuk ubek-ubek tas gw sendiri, gw panik banget saat itu padahal mah harusnya ga ada yang harus dipanikin wkwk, cuman yah gw panik aja soalnya tulisan gw di buku diary itutuh ada banyak unek-unek gw tentang temen-temen dan gebetan gw pas di sekolah haha. Jadi gw ga mau mereka tau kalo gw jadi secret writer saat itu, nah (banyakan nah mulu gess sorry yah), nah pas akhirnya ada kakak senior osis masuk ke kelas gw kalo ga salah namanya Mas Rio deh kayaknya yah, antara Mas Rio atau Mas Brama gitu lupa gw dahlah pokoknya itu, dan ternyata hal yang gw takutin terjadi dong, dia buka tas gw dan nemuin diary gw, terus dia nanya dong,

"Ini tas siapa?"

"Tas saya kak" gw bilang 

"Ini apa kok ga bisa dibuka?" 

"Oh itu buku saya, buku diary" gw bilang gitu dong, terus dia noleh seolah-olah gw tuh kek menyembunyikan sesuatu yang macem-macem anjir, terus dia nanya lagi kan

"Ini gimana cara bukanya?" 

"Itu ada kuncinya,"

"Mana?" katanya sambil megangin terus bolak-balikin buku diary gw, kek polisi yang lagi ala-ala nyari barang bukti gitu, kan dulu ya gimana yah, namanya Kakak Osis apalagi senior cowok pula, kan pasti sedikit kek tp-tp gumushh gitulah, jadi keliatan kek cutie pie parah wkwk,

"Gaada, ketinggalan di rumah" gw jawab gitu dong, dan akhirnya dia kan ga bisa banget di boongin cuyy, nah dia sita tuh buku gw, gw ga masalah sih cuman ya ampun speechless aja cuyy ya bayangkan sebuah buku diary yang isinya soal keprivasian hidup kita diambil oleh orang lain gimana coba rasanya lo pada? gw sih ga sedih cuman ya nangis aja. 


(Note : udah dibilang ini nggak penting, udah mending baca yang lain aja, dari pada nyesel lu pada)


Terus pas udah disita kan nah yaudah tuh, kakak senior osis itu ga balikin lagi buku gw, pas waktu itu gw tanya, "Kak buku saya mana?" dia dengan enaknya bilang, "Oh iya ketinggalan di rumah"

(Pov : ini gw lagi ngomongnya pake lagak menye-menye nya chef Arnold)

sampai akhirnya dia lulus dari smp dan buku itu nggak dikebaliin ke gw juga, sampek saat ini. Kesel mampus anjir, terus kan emang dulu kan gw ga megang hp karna orang tua gw kan emang nggak ngasih soalnya belum cukup umur nah lagi gw bingung dong mau nulis di mana lagi tentang kehidupan gw yang kelabu ini, gw nulis dibuku juga ga mungkin kan, masa iya sih? maksudnya ayolah guys, diary kan tempat pencurahan privasi kita, jadi harusnya nggak bisa dong ditulis di sembarang buku, sampai gw mikir keras banget, dan akhirnya gw menemukan sebuah solusi, solusi yang agak bodoh, tapi ini kocak, cuman gimana yah, gw nemu sebuah cara yaitu, nulis di kertas sobekan dan ditaruh di map gitu, jadi kertasnya pas udah ditulisin langsung gw lipet, terus gw masukin map, gw kumpulin sampek akhirnya di kelas 9 gw baru boleh megang hp, nah akhirnya gw berpindah lah dari kertas sobekan ke diary note di aplikasi bawaan hp gitu, dan dari situ gw udah nggak ngerasa takut lagi tulisan gw akan dibaca oleh orang lain karna ya kan aplikasinya udah gw lock wkwk dan yang tau passwordnya cuman gw, dan surprisingly map yang ada diary gw akhirnya di jual ama mamah gw, gw gatau karna ya kan kalo gw ditanyain, "Ini mapnya penting nggak?" Selalu gw jawab engga, yakan maksudnya biar ga di utak-atik jadinya biar aman ga dibuka sama mama, eh malah di jual seisi-isinya. 


Setelah itu gw kan ganti HP dan dengan ceroboh nya diri ini kan dulu gw ga tau menau soal email-emailan dan dulu juga gw pake email mama gw karna kan masih di bawah umur jadi email-nya harus dibawah naungan ortu. Gw ga tau dan nggak nge back up semua tulisan gw, sedih banget rasanya gw harus kehilangan tulisan gw yang begitu penuh suka dan duka, ga sih lebay wkwk. Ya pokoknya sedih deh. Sampai akhirnya sekarang gw mulai ngerti gimana caranya nge back up semua data yang ada di HP dan insyaallah tulisan gw ga akan ilang lagi wkwk.


Sekarang juga sudah memasuki tahun ke-5 gw nulis tentang semua beban hidup yang nggak bisa gw ungkapin pake suara, yah yang mungkin bagi semua penulis, menulis adalah jalan satu-satunya agar isi kepala kita nggak penuh akan semua beban yang nggak seharusnya ada disana, banyak yang bilang ke gw, "Kok bisa lu jadi penulis, kan secara, penulis itu harus punya buku, sedangkan elo? engga punya apa-apa." Gini guys menjadi penulis bukan hanya soal kepemilikan sebuah buku, seseorang yang berani menuliskan dirinya dalam selembar paper maka dia adalah penulis, nggak harus tentang cerita kalian, tapi tentang everything in your head yang berani kalian tuangkan ke sebuah naskah atau cerpen, maka kalian sudah menjadi seorang penulis. Banyak yang bilang juga, "Untuk apa pingin jadi penulis, pekerjaannya nggak menjamin?" Yah benar, gw juga nggak bisa menepis kebenaran itu, tapi ngerti nggak sih kalian gimana rasanya menulis dengan hati, menulis yang nggak mengharapkan imbalan apapun, menulis yang hanya ditujukan untuk mewujudkan rasa lega, kalau kalian ngerti akan semua itu, maka kalian nggak akan mempertanyakan kenapa aku ingin menjadi seorang penulis. 


Okeh beranjak dari pembahasan pekerjaan seorang penulis, sekarang mari kita perbincangkan soal ketertarikan gw untuk menjadi seorang penulis, sebenernya ketertarikan itu muncul karna emang gw nggak bisa to the point tentang hidup gw terhadap orang lain, gw nggak terlalu sanggup kalo harus bercerita kepada orang lain, yang terpikir sih cuman satu.

"Nggak mau nyusahin orang lain" itu adalah alasan terbasic bagi semua orang yang nggak mau orang lain tau tentang keterpurukannya, keterpurukan yang nggak bisa mudah hilang, walau dengan cara apapun kita nyoba buat menyelesaikannya, bukan karna kita nggak bisa move dari permasalahan yang ada, tapi memang bagi sedikit orang menikmati kesedihan yang nggak benar-benar dirasa sedih itu adalah kenikmatan bukan? iyah kalian nggak usah boong, gw tau kalian kadang suka menyendiri didalam kamar atau di pojokan, terus dengerin lagu galau sambil mikir, "Apasih yang gw sedihin? Apa yang bikin gw jadi nggak mood gini? Apa yang bikin gw takut? Apa yang bikin gw nggak nafsu untuk bernafas lagi?" Pertanyaan itukan? Pertanyaan ter-menyebalkan, pertanyaan ter-angker, pertanyaan yang bahkan kita sendiri nggak ngerti gimana cara untuk menjawabnya. tapi gapapa kok guys semua itu wajar, kadang sedih pun nggak perlu punya alasan kan, jadi sudah, biarkan saja, biarkan air mata itu jatuh dan terjun bebas, biarkan duniamu punya sebuah genangan air yang akan menyuburkan mu di hari-hari bahagia, biarkan air mata itu terus menjadi pengingat bahwa kamu juga butuh istirahat, seriously guys kadang kalo kita terlalu bahagia juga nggak cukup baik kan.


Semua manusia punya porsi bahagia yang berbeda-beda yakan dan yang menjadi tolak ukurnya bukan sebuah harta, bukan, kalian salah besar kalo kalian mikir punya harta banyak itu adalah titik tertinggi dari bahagia. Alasan sebenarnya adalah kedewasaan, kedewasaan dari sikap yang mungkin nggak banyak orang punya, kedewasaan yang membawa kita berada di tempat kita sendiri, tempat dimana hanya kita yang ada disana, nggak terang juga nggak gelap, nggak sunyi juga nggak ramai, nggak sempit juga nggak luas, semuanya berada di kata cukup, cukup yang membuat kita sadar bahwa hidup bukan hanya soal kita, tapi juga soal orang lain. 


Jadi sekian dari cerita tentang gw, terima kasih.  Pasti sekarang kalian bener2 udah nyeselkan baca tulisan gw yang ini, yah salah sendiri di bilang ini nggak penting malah tetep dibaca jadi yaudah, selamat berbosan-bosan ria, dadahh

Komentar

Postingan Populer