Tentang Kaktus

Kaktus, tanaman yang menurut kalian buruk atau banyak kekurangan, yah memang dia berduri, dan itu menjadi wajar kalau kalian menyebutnya tidak indah, tapi tau nggak kalian tentang kaktus? kaktus yang begitu punya banyak keindahan, kaktus yang begitu punya banyak kelebihan dibanding dengan tanaman lainnya, iyah banyak dari kalian yang ngerti kalau kaktus bisa bertahan dalam musim kemarau yang sangat panjang, tanpa hujan diapun tetap bisa berdiri tegak dan itu bukan satu-satunya itu adalah salah satu alasan kenapa saya bilang bahwa kaktus punya banyak kelebihan, dan saya pernah baca sebuah artikel tentang filosofi kaktus, yang mungkin kalian bisa baca juga disini, tentang keajaiban-keajaiban kaktus yang belum pernah kalian ketahui sebelumnya, begini.

1. Pertama, kaktus adalah tanaman yang tidak manja. Sikap tidak manja alias dewasa, sangat khas dengan kehidupan kaktus di muka bumi ini. Mereka justru akan merasa terganggu, jika diberi kasih sayang yang berlebih. Sebaliknya, mereka hanya butuh kasih sayang secukupnya, dan selanjutnya biar mereka sendiri yang menjalani. Hal ini terbukti dengan mati dan hidupnya sebuah kaktus. Kaktus akan cepat mati jika terus disirami air dan diberi pupuk setiap hari. Sebaliknya, kaktus bisa bertahan hingga berbulan-bulan, meski jarang disirami air dan diberi pupuk. Artinya, kaktus adalah tanaman yang tidak manja.
2. Kedua, Kaktus adalah tanaman yang pandai menjaga diri. Sudah terlihat melalui durinya, kalau kaktus merupakan tanaman yang pandai melindungi diri. Meski terlihat mengerikan, yakni lewat duri-duri tajam, akan tetapi hal ini positif dilakukan. Sah-sah saja untuk melindungi diri dengan tameng yang gahar, asal demi kebaikan. Karena itu, kamu tidak perlu khawatir belajar bela diri. Di jaman yang banyak kriminalitas ini, setiap orang apalagi wanita, wajib memiliki setidaknya dasar-dasar ilmu bela diri. Supaya, saat sedang mengalami tindak kriminal, maka kamu bisa menjaga diri dengan baik.
3. Ketiga, Kaktus melambangkan tanaman yang mempunyai mental kuat. Mental yang kuat sudah terpampang dari sifat tanaman kaktus. Seperti yang sudah dijelaskan di poin nomor satu, yakni tentang kasih sayang kepada kaktus. Kaktus hanya membutuhkan sedikit kasih sayang dan dukungan, selanjutnya dia jalankan sendiri hingga mencapai tujuan yang hakiki. Kaktus sangat minim perhatian, dia juga sangat minim asupan. Tetapi ajaibnya, dia mampu menjaga diri dengan baik, tanpa harus ada perhatian dan asupan berlebih. Dengan begitu, kita bisa tiru sikap mulia dari kaktus ini, untuk memiliki mental yang kuat sepanjang hari. Orang sukses mempunyai mental yang kuat kan.
4. Keempat, Kaktus adalah tanaman yang mengajarkan kita untuk bersabar. Apakah kamu pernah melihat tanaman kaktus berbunga? Jika pernah, maka kamu adalah manusia terpilih yang sudah sabar menunggu kaktus berbunga. Selama berhari-hari, berbulan-bulan, dan bertahun-tahun, kaktus sangat jarang menumbuhkan bunga. Dia harus menunggu beberapa purnama lamanya, untuk memunculkan bunga yang indah dan nyaman dipandang. Hal ini menunjukkan tentang kesabaran yang dimiliki oleh kaktus. Kesabaran inilah, yang menjadi tolak ukur sebagai sikap teladan yang harus kita tiru.
5. Kelima, Kaktus adalah tanaman yang sangat istimewa. Kaktus dipandang istimewa karena tidak memiliki daun. Meski tak memiliki daun, kaktus tetap bisa memproduksi makanannya sendiri. Selain itu, kaktus juga memiliki akar yang panjang dan kuat. Hal ini berguna untuk menyerap sari pati makanan dalam jumlah yang tidak sedikit. Sikap istimewa inilah yang patut kita teladani. Meski kita punya kekurangan, akan tetapi Tuhan menyelipkan keistimewaan dalam kekurangan tersebut. Selalu ingat bahwa dibalik kekurangan yang kita miliki, terdapat kelebihan yang kadang tidak kita sadari.

Jadi bagaimana? Apakah sekarang menurut pandangan mu kaktus tetap tanaman yang menakutkan? Sejatinya semua orang bisa berpendapat sebebas mungkin, tentang apapun itu nggak terkecuali soal kaktus, kalian terlalu menghakimi dia sampai-sampai kalian nggak sadar bahwa sebagian dari dirinya juga ada di diri kalian. Kalian terlalu berpikir bahwa semua pendapat kalian benar sampai-sampai kalian berani menyimpang kebenaran yang sebenarnya memang nyata. Kalian terlalu ceroboh untuk mengambil kesimpulan akan semua hal, kalian nggak sadar kalo kesimpulan yang kalian ambil mungkin akan berpengaruh buruk bagi mereka yang kalian simpulkan. Jadi setelah kalian membaca ini, saya harap kalian nggak akan bertanya lagi kenapa saya sangat mengagumi kaktus, saya harap kalian ngerti kenapa saya cukup tidak senang saat kalian menanyakan alasan dibalik kesukaan saya, hoby saya, karakter saya, dan apapun tentang saya yang sifat pribadi. Kalian berhak untuk bertanya tapi saya juga berhak untuk nggak menjawab semua itu kan, sedikit informasi untuk kalian tentang saya, ya saya adalah tipe orang nggak suka kalo karakter saya diragukan, tentang apapun itu, saya nggak suka kalo karakter saya dipertanyakan. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer